Uncategorized

Hosting Dan Tipenya

Tipe tipe hosting dan Bahasa Pembuatan Web

hosting murah jakartaSetelah Anda membeli nama domain (nama website), website Anda belum bisa dilihat di Internet. Anda harus terlebih dahulu membuat akun di web host kemudian mengunggah atau upload file website Anda pada web host tersebut. Web hosting murah jakarta adalah sebutan untuk perusahaan atau website yang menyediakan jasa penyimpanan file website (web hosting service) pada sebuah server publik yang selalu terhubung ke Internet. Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa web hosting dan biasanya sekaligus menawarkan pendaftaran atau registrasi domain.Setiap web host menawarkan berbagai paket layanan hosting dengan harga yang berbeda-beda yang mana hal ini perlu Anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, ada juga web host yang juga menawarkan paket web hosting gratis tentu saja dengan fitur yang terbatas. Untuk membuat keputusan, Anda harus mengerti fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh web host. Berikut ini adalah beberapa fitur dasar layanan hosting:
• Kapasitas Hard Disk (Disk Space)
Perhatikan berapa jumlah kapasitas hard disk yang diberikan web hosting murah jakarta atau provider kepada Anda untuk menyimpan file-file website Anda. Tentu saja Anda harus mendapatkan kapasitas hard disk melebihi total ukuran file website Anda, namun tidak perlu terlalu berlebihan, sesuaikan juga dengan anggaran yang Anda miliki.
• Bandwidth
Jumlah bandwidth menentukan jumlah data yang bisa ditransfer ke pengunjung ketika mereka melihat website Anda. Semakin besar bandwidth membuat website bisa dilihat oleh semakin banyak orang, jenis file yang bisa ditransfer pun lebih besar seperti video dan audio, dan kecepatan transfer juga lebih cepat. Apabila suatu website begitu populer namun bandwidth yang diberikan terbatas maka lama kelamaan pengunjung akan merasakan waktu untuk membuka halaman website ataupun men-download menjadi semakin lama dan pada suatu waktu website tersebut tidak bisa diakses lagi. Oleh karena itu, pemilik website harus meningkatkan jumlah bandwidth dan tentu saja ada biayanya. Sebagai pemula, Anda bisa memilih paket yang ditawarkan web host dengan bandwidth yang kecil saja. Apabila pengunjung website Anda semakin banyak, segeralah beli paket dengan bandwidth yang lebih besar.
• Subdomain
Subdomain adalah nama lain dari Third-Level Domain, letaknya di sebelah kiri nama website. Penulisannya seperti berikut subdomain.domain.ext, di mana domain.ext merupakan domain utama atau nama website utama. Subdomain merupakan bagian dari website, biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh layanan email dan bookmark dari yahoo.com memiliki alamat website yang berbeda namun tetap merupakan bagian dari yahoo.com, yaitu mail.yahoo.com dan bookmark.yahoo.com. Tujuan lain penggunaan subdomain adalah untuk memisahkan beban web server utama ke server yang lain. Sebagai contoh, bila yahoo.com menggunakan server A maka mail.yahoo.com menggunakan server B, dan bookmark.yahoo.com menggunakan server C. Subdomain sering diberikan web host kepada pelanggannya yang ingin memiliki domain (website) gratis.
• Parked Domain
Anda dapat mengarahkan satu atau lebih domain (website) ke domain (website) utama Anda, sehingga semua domain (website) tersebut memiliki isi yang sama. Sebagai contoh, Anda sudah memiliki akun di web host untuk nama domain (website) belajar-web-hosting.com sebagai domain utama. Anda bisa membeli lagi nama domain (website) yang mirip, seperti belajar-web-hosting.net dan belajar-web-hosting.biz, kemudian memarkirnya atau mengarahkannya ke domain (website) utama Anda sehingga pengunjung akan melihat isi website yang sama seperti ketika mereka mengunjungi belajar-web-hosting.com. Hal ini berguna untuk menghindari orang lain memakai nama website yang mirip dengan nama website Anda.
• Add-on Domain
Add-on domain merupakan domain (website) yang terpisah dari domain murah (website) utama, namun mengarah pada subdomain atau subfolder dari domain (website) utama. Keuntungan memiliki add-on domain adalah Anda bisa memiliki beberapa domain (website) namun cukup menggunakan satu web host. Dengan demikian Anda bisa menghemat uang karena hanya membayar satu web host. Sebagai contoh Anda memiliki domain (website) dengan nama belajar-web-hosting.com yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan subdomain english.belajar-web-hosting.com yang isinya ditulis dalam bahasa Inggris. Untuk menjangkau pengunjung di luar Indonesia, Anda membuat lagi sebuah website berbahasa Inggris dengan nama learn-web-hosting.com. Anda bisa mengarahkan domain (website) learn-web-hosting.com ke english.belajar-web-hosting.com. Dengan demikian isi dari dari learn-web-hosting.com sama dengan english.belajar-web-hosting.com, namun pengunjung tidak akan mengetahui bahwa sebetulnya learn-web-hosting.com mengarah atau isinya sama dengan subdomain english.belajar-web-hosting.com.
• File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengirim atau meng-upload file website dari hard disk Anda ke server web hosting murah jakarta.
• Akun Email POP3
Jumlah alamat email maupun kapasitas setiap email yang Anda dapat tergantung dari masing-masing web host dan paket hosting yang Anda ambil. Anda harus menampilkan alamat email di website Anda agar pengunjung bisa menghubungi Anda sebagai pemilik atau pengelola website. Alamat email yang diberikan memiliki akhiran sesuai nama domain atau nama website Anda.Catch All Email Address
Dari sekian banyak pengunjung yang mengirim Anda email, ada kemungkinan beberapa dari mereka salah dalam mengetikkan alamat email yang dituju namun alamat domainnya betul. Misalnya: nama domain (website) Anda adalah belajar-web-hosting.com dan alamat email yang Anda sediakan bagi pengunjung untuk bertanya kepada Anda adalah tanya@belajar-web-hosting.com. Namun ada orang yang mengetik tamya@belajar-web-hosting.com. Agar Anda tetap dapat menerima email yang ditujukan ke tamya@belajar-web-hosting.com, walaupun alamat email ini tidak pernah Anda buat, gunakanlah fitur Catch All Email Address. Fitur ini berfungsi untuk menangkap semua email yang dikirim ke domain milik Anda, baik alamat email yang sudah Anda buat maupun yang tidak Anda buat, dan meneruskannya ke alamat email yang Anda tentukan.Email Forwarding
Apabila Anda memiliki banyak alamat email dan tidak mau mengecek masing-masing kotak masuk (inbox) email secara terpisah, maka Anda bisa menggunakan fitur Email Forwarding untuk meneruskan semua email yang datang ke alamat email yang Anda tentukan.Email Autoresponder
Autoresponder merupakan email yang memiliki dua fungsi. Pertama, setiap pengunjung yang mengirim email ke alamat email autoresponder akan menerima jawaban yang dikirim secara otomatis. Kedua, pesan yang diterima email autoresponder akan diteruskan ke alamat email tertentu.
• Bahasa Pemograman Web
Pada website ini, saya cuma mengenalkan bahasa HTML untuk membuat website. Kekurangan dari bahasa HTML adalah halaman website yang dibuat dengan HTML bersifat statis, tidak bisa berubah-ubah. Sebagai contoh, iklan yang ada di sebelah kanan halaman ini selalu berubah setiap kali Anda berkunjung atau me-refresh atau me-reload halaman website ini. Hal ini bisa dilakukan karena saya menggunakan bahasa pemrograman web yang disebut PHP. Selain PHP, ada banyak bahasa program yang dipakai dalam pembuatan website seperti ASP, JSP, JavaScript, CSS, XML, MySQL. Apabila Anda menggunakan bahasa pemograman web tertentu, maka Anda harus memperhatikan apakah web host mendukung bahasa pemograman web tersebut.
• Counter
Counter merupakan aplikasi yang dipakai untuk menghitung jumlah pengunjung.
• Form to Email
Form to Email merupakan sebuah formulir yang dapat diisi oleh pengunjung untuk bertanya, menyampaikan keluhan, ataupun meminta informasi kepada pengelola website. Apa yang ditulis oleh pengunjung akan dikirim ke alamat website yang telah ditentukan.
• Buku Tamu (Guest Book)
Anda bisa menaruh buku tamu di website Anda jika Anda ingin mengetahui siapa yang mengunjungi website Anda, serta komentar-komentar mereka mengenai website Anda.
• Statistik Website
Melalui fitur ini, Anda bisa melihat berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda, halaman apa yang mereka lihat, kapan mereka datang, dan lain-lain. Fitur ini sangat penting untuk membantu Anda melakukan analisa untuk memperbaiki ataupun mengembangkan website Anda.
• Jaminan Akses (Uptime Guarantee)
Fitur ini sangat penting sekali, jangan sampai website Anda sering sekali tidak bisa dibuka karena masalah teknis disisi web host. Misalnya server milik web host kepanasan sehingga harus dimatikan, namun server cadangan membutuhkan waktu 30 menit untuk diaktifkan. Carilah web host yang memberikan jaminan akses di atas 99%. Hal ini penting sekali bagi mesin pencari dan para pengunjung website Anda. Jika spider mesin pencari mengunjungi website Anda ketika website Anda sedang tidak bisa dibuka, maka besar kemungkinan mesin pencari akan mengeluarkan website Anda dari index-nya.
• CPanel
CPanel merupakan panel kontrol berbasis web yang digunakan untuk mengelola domain. Sebagian besar fitur-fitur yang dijelaskan di atas dikelola melalui CPanel.
Sebagai pemula, Anda tidak perlu langsung membeli paket hosting. Anda bisa mencoba menggunakan paket web hosting gratis terlebih dahulu hingga saatnya nanti Anda memang harus membeli paket hosting agar bisa menggunakan fitur-fitur layanan hosting secara lebih maksimal. Salah satu website yang menyediakan paket web hosting gratis adalah 000webhost.com.

Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
Berikut ini ada beberapa macam bahasa pemrograman yang perlu anda ketahui

1. Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.
Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

3. Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.
ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

4. Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.
XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

5. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).
WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.
WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

6. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

7. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.
Syntax coldfusion berbasis html.

8. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.
Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

9. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.
Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.
Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.
Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

About adin

No information is provided by the author.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>